Sebelum mengetahui cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat, sebaiknya perlu mengenal beberapa penyebab jerawat.

Dream – Wajah berjerawat bisa menjadi gangguan kulit yang sangat menyebalkan. Bintik-bintik kemerahan ini seringkali meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan.

Siapa sih yang tidak terganggu dengan adanya jerawat di wajah? Bukan hanya wanita, para pria juga bisa merasa risih jika jerawat muncul di wajah.

Jerawat adalah produk dari kotoran dan minyak yang terjebak dalam pori-pori kulit. Jika tidak segera dibersihkan, bisa menyebabkan peradangan dan kerusakan lainnya pada kulit.

Saking mengganggunya, tanpa disadari jari-jemari ikut gemas dan langsung memencetnya. Lupa dengan kebersihan tangan serta wajah.

Untuk mengobati jerawat kita biasa membeli obat yang harganya kadang sangat mahal. Padahal, obat jerawat itu belum tentu bisa bekerja dengan baik.

Ada cara menghilangkan jerawat yang tidak membahayakan, yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita.

Namun, sebelum Sahabat Dream mengetahui cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat, sebaiknya perlu mengenal beberapa penyebab jerawat.

Penyebab Jerawat Tumbuh Subur di Wajah
Dilansir dari Boldsky, ada beberapa faktor penyebab jerawat makin tumbuh subur di wajah. Namun penyebab jerawat yang paling umum adalah pori-pori tersumbat, produksi sebum yang berlebihan di kulit, ketidakseimbangan hormon dan faktor lingkungan.

Jerawat merupakan merupakan penyakit yang memengaruhi kelenjar minyak pada kulit. Lubang kecil di kulit (pori-pori) terhubung dengan kelenjar minyak di bawah kulit.

Kelenjar inilah yang menghasilkan zat berminyak yang disebut sebum. Pori-pori terhubung ke kelenjar oleh kanal yang disebut folikel. Di dalam folikel, minyak membawa sel kulit mati ke permukaan kulit.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penyebab jerawat makin tumbuh subur di wajah yang dilansir Dream dari berbagai sumber.

Masalah Hormon
© Shutterstock

Pubertas memicu kelebihan hormon pada pria sehingga membuat kelenjar minyak memproduksi sebum lebih banyak. Hal inilah yang menjadi penyebab jerawat di wajah.

Wanita lebih sering mengalami perubahan hormon. Karena pada masa-masa tertentu terutama pada masa menstruasi dan kehamilan terjadi perubahan hormon yang cukup signifikan.

Pada wanita menstruasi, jerawat biasa muncul menjelang menstruasi. Lalu pada wanita hamil, munculnya jerawat biasanya pada masa hamil three bulan pertama. Sementara pada wanita yang memiliki masalah hormon Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) atau ketidakseimbangan hormon seks lebih sering mengalami cystic acne atau jerawat kistik.

Mengalami Stres
Jangan sampai kamu mengalami stres, karena jika sudah stres akan membuat hormon merasa terganggu sehingga menjadi penyebab jerawat muncul tanpa ampun.

Tidak Menjaga Pola Makan
Kelebihan yodium juga menjadi penyebab jerawat. Kurangi konsumsi yodium, tetapi perlu diperhatikan juga, yodium juga bagus untuk kebutuhan gizi kamu ya Sahabat Dream. Selain itu, jerawat juga dapat disebabkan oleh makanan yang mengandung lemak tinggi dan tidak sehat. Hal tersebut akan memancing produksi sebum yang berlebihan.

Memakai Make up Berlebihan
Pemakaian make up berlebih tanpa rajin membersihkannya akan menjadi penyebab jerawat. Tidak hanya berlebih, memakai produk make up yang tidak cocok dengan kondisi kulit wajah juga dapat menjadi penyebab jerawat.

Konsumsi Makanan Tak Sehat
Penyebab jerawat lainnya adalah makanan yang mengandung lemak tinggi dan tidak sehat. Hal tersebut akan memancing produksi sebum yang berlebihan.

Memencet Jerawat
Kadang tangan rasanya gatal ingin menyentuh jerawat yang tidak hilang-hilang. Tapi, apakah tangan Sahabat Dream bersih ketika menyentuh jerawat? Menyentuh jerawat sembarangan ternyata malah bikin jerawat makin tumbuh subur.

Sering Cuci Muka
Kebanyakan orang menganggap bahwa penyebab jerawat adalah karena kurang rutin membersihkan muka. Terlalu sering mencuci wajah sampai 3-4 kali sehari, justru akan membuat wajah berjerawat. Ini karena produksi minyak pada wajah justru berkurang hingga menyebabkan kulit akan terus memproduksi minyak berlebih.

Tidak Menjaga Pola Tidur
Memiliki pola tidur yang tidak seimbang juga akan berakibat pada kesehatan kulit kamu. Karena tidak hanya otak yang perlu beristirahat, kulit juga perlu istirahat setelah seharian beraktivitas.

Memakai Ponsel yang Kotor
Banyak orang yang tidak menyadari bahwa ponsel yang kita pakai sangatlah kotor. Kita sering sekali secara tidak sadar menyentuh benda yang kotor, lalu memegang ponsel. Akibatnya, kuman yang ada di tangan kotor tersebut berpindah ke ponsel kita.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami
© Shutterstock

Setelah memahami beberapa penyebab jerawat, saatnya untuk mengetahui cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat.

Untuk menghilangkan jerawat tidak harus selalu menggunakan obat jerawat yang dijual di toko obat atau toko kosmetik. Banyak obat jerawat atau krim perawatan wajah yang memberikan janji bisa menghilangkan jerawat secara tuntas dan cepat.

Namun, sebenarnya Sahabat Dream tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli obat jerawat yang mahal. Daripada menghabiskan banyak uang, silakan mencoba cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat.

Cara menghilangkan jerawat secara alami banyak sekali metode dan bahannya, salah satu yang paling efektif adalah dengan menggunakan masker.

1. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker cuka sari apel
Sifat alkali pada cuka sari apel membuatnya menjadi bahan alami yang best untuk menghilangkan jerawat. Campurkan dengan air dan tuangkan pada kapas sebelum mengoleskannya secara merata pada wajah yang terkena jerawat yang membandel. Diamkan selama 20 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Ingin hasil yang lebih maksimal? Lakukan sebelum tidur dan biarkan semalaman.

2. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker soda kue dan minyak kelapa
Selain sebagai bahan pembuat kue, soda kue juga merupakan bahan yang sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat batu secara alami dan cepat. Tidak hanya mengurangi peradangan, soda kue juga mencegah jerawat datang kembali.

Soda kue juga menjadi penyeimbang pH kulit. Selain itu soda kue juga bisa menjadi antiseptik dan anti-inflamasi untuk menyembuhkan jerawat membandel.

Campurkan 1 sendok makan minyak kelapa dan 1 sendok teh soda kue untuk membuat masker. Oleskan masker pada area wajah secara merata dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu cuci muka dengan air hangat. Dianjurkan untuk memakai pelembab wajah sesudahnya.

three. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker jeruk lemon
© Shutterstock

Mengandung asam askorbat-L, jeruk lemon sangat ampuh mengurangi masalah peradangan pada kulit wajah berjerawat dan juga dapat membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat.. Cukup belah jeruk lemon jadi dua bagian dan gosokkan pada wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

4. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker tomat
Buah yang kaya vitamin dan mineral ini baik untuk kulit dan mengurangi peradangan jerawat. Ambil satu iris tomat kemudian tumbuk dengan mencampur 1 sendok madu, oleskan bahan ini selama menit seperti masker lalu bilas dengan air.

5. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker bubuk kayu manis dan madu
© Shutterstock

Memiliki sifat antibakteri, madu adalah bahan alami yang sangat baik dalam menghilangkan jerawat dengan cepat. Madu juga mampu membunuh bakteri yang ada di bawah permukaan kulit. Tambahkan dengan bahan lain atau langsung oleskan pada kulit, madu akan membuat kulit terasa kenyal dan bebas dari jerawat.

Namun agar khasiatnya semakin kuat, campurkan bubuk kayu manis dan gunakan sebagai masker pada wajah yang berjerawat. Kayu manis dikenal sebagai bahan alami untuk mengurangi peradangan pada jerawat.

6. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker minyak pohon teh
Minyak pohon teh merupakan bahan yang memiliki sifat antibakteri yang dapat menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Oleskan minyak pohon teh pada wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

7. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker lidah buaya
Lidah buaya sifatnya astringent dan antijamur sehingga membantu menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Penggunaannya mudah, setelah mandi ambil satu sendok gel lidah buaya, balurkan di area yang terkena jerawat.

Tak perlu dicuci atau bisa juga mencampurkan lidah buaya dengan air perasan jeruk lemon dan satu sendok teh madu. Tunggu selama 15 menit, baru bilas dengan air hangat.

eight. Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker kunyit
Obat kuno ini mampu membunuh bakteri di kulit wajah yang menyebabkan jerawat. Campurkan satu sendok teh bubuk kunyit dan sedikit air atau minyak kelapa hingga rata. Setelah itu aplikasikan sebagai masker dan biarkan selama satu jam.

Cuci bersih dengan air hangat serta ulangi satu atau dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Untuk cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat selanjutnya, simak di halaman berikutnya..