Apa itu Sidik Jari?

Hello Sobat Media Terpercaya, mungkin kalian sudah familiar dengan teknologi sidik jari. Teknologi ini banyak digunakan pada gadget, seperti smartphone dan laptop. Sidik jari dikenal sebagai alat identifikasi biometrik yang paling banyak digunakan di dunia. Sidik jari juga sering digunakan untuk mengunci aplikasi pada gadget. Namun, apa sih sidik jari itu sebenarnya?

Sidik jari adalah tanda unik yang terdapat pada jari manusia. Setiap orang memiliki sidik jari yang berbeda-beda. Sidik jari terdiri dari pola yang membentuk lingkaran atau bukit-bukit kecil. Pola ini dibentuk oleh deretan garis-garis halus yang terdapat pada permukaan kulit jari manusia.

Kenapa Perlu Mengunci Aplikasi dengan Sidik Jari?

Mengunci aplikasi dengan sidik jari memiliki beberapa kelebihan. Pertama, mengunci aplikasi dengan sidik jari akan membuat aplikasi lebih aman. Kalian tidak perlu khawatir orang lain akan membuka aplikasi kalian tanpa seizin kalian. Kedua, mengunci aplikasi dengan sidik jari lebih mudah dan praktis. Kalian tidak perlu mengingat password yang rumit dan sulit diingat.

Ada beberapa aplikasi yang umumnya dijadikan sebagai aplikasi penting dan perlu dijaga kerahasiaannya. Misalnya, aplikasi chat, galeri foto, dan media sosial. Jika kalian ingin mengunci aplikasi tersebut dengan sidik jari, kalian bisa mencoba beberapa cara berikut ini.

Cara Mengunci Aplikasi Pakai Sidik Jari

Berikut adalah beberapa cara mengunci aplikasi pakai sidik jari:

1. FingerSecurity

FingerSecurity adalah aplikasi pengunci sidik jari yang sangat populer. Aplikasi ini menyediakan fitur penguncian pada aplikasi, pesan teks, dan file tertentu. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membuka aplikasi yang terkunci dengan sidik jari. FingerSecurity juga mendukung beberapa bahasa, dan bisa didownload secara gratis di Google Play Store.

2. AppLock

AppLock adalah aplikasi pengunci sidik jari yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Aplikasi ini dapat mengunci aplikasi, foto, dan pesan teks dengan sidik jari. Selain itu, AppLock juga bisa mengunci aplikasi dengan password dan pola. AppLock juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang cukup lengkap.

3. Norton App Lock

Norton App Lock adalah pengunci sidik jari yang dikembangkan oleh Norton Mobile Security. Aplikasi ini dapat mengunci aplikasi dengan sidik jari, password, dan pola. Norton App Lock juga dapat mengunci aplikasi dengan waktu atau lokasi tertentu. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang cukup lengkap.

4. Smart AppLock

Smart AppLock adalah aplikasi pengunci sidik jari yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Aplikasi ini dapat mengunci aplikasi, foto, dan pesan teks dengan sidik jari. Selain itu, Smart AppLock juga dapat mengunci aplikasi dengan password dan pola. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang cukup lengkap.

5. Lockdown Pro

Lockdown Pro adalah aplikasi pengunci sidik jari yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Aplikasi ini dapat mengunci aplikasi, foto, dan pesan teks dengan sidik jari. Selain itu, Lockdown Pro juga dapat mengunci aplikasi dengan password dan pola. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang cukup lengkap.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara mengunci aplikasi pakai sidik jari. Kalian bisa mencoba salah satu dari aplikasi pengunci sidik jari di atas untuk menjaga privasi dan keamanan kalian. Pastikan pula untuk memilih aplikasi yang terpercaya dan memiliki fitur keamanan yang cukup lengkap. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian, Sobat Media Terpercaya.