Minyak goreng merupakan salah satu media memasak yang hampir bisa dipastikan selalu ada di dapur. Sebagaimana namanya, minyak goreng digunakan untuk tujuan membuat aneka menu masakan yang renyah, mulai dari tempe, tahu, daging, tepung dan berbagai bahan lainnya.

Dikarenakan penggunaannya hampir setiap hari, memilih minyak goreng yang baik menjadi salah satu tugas yang penting, terutama bagi para ibu yang biasa melakukan rutinitas didapur.

Lantas bagaimana caranya memilih minyak goreng yang baik?. Berikut ulasan selengkapnya yang bisa Anda simak.

1. Kandungan Lemak

Pilih minyak goreng dengan kandungan lemak tak jenuh yang tinggi dan rendah lemak jenuh. Lemak tak jenuh baik untuk kesehatan jantung dan dapat membantu menurunkan kolesterol.

2. Titik Asap

Titik asap adalah suhu di mana minyak mulai berasap dan terurai menjadi senyawa berbahaya. Untuk menggoreng dengan suhu tinggi, pilih minyak dengan titik asap tinggi seperti minyak kelapa sawit atau minyak biji bunga matahari. Untuk salad atau masakan dengan suhu rendah, minyak zaitun extra virgin adalah pilihan yang baik.

3. Perhatikan Label Nutrisi

Baca label nutrisi untuk mengetahui kandungan lemak, kalori, dan bahan tambahan lainnya. Hindari minyak goreng yang mengandung lemak trans atau bahan tambahan berbahaya.

4. Pilih Minyak yang Sesuai dengan Kebutuhan

Sesuaikan pilihan minyak dengan jenis masakan yang akan Anda buat. Minyak zaitun cocok untuk salad dan tumisan ringan, sementara minyak kelapa sawit atau minyak biji bunga matahari lebih cocok untuk menggoreng dengan suhu tinggi.

Cara Menyimpan Minyak Goreng dengan Benar

1. Simpan di Tempat Sejuk dan Gelap

Simpan minyak goreng di tempat yang sejuk dan gelap untuk mencegah oksidasi dan ketengikan. Hindari menyimpan minyak di dekat kompor atau sumber panas lainnya.

2. Gunakan Wadah yang Tertutup Rapat

Pastikan minyak disimpan dalam wadah yang tertutup rapat untuk mencegah paparan udara dan cahaya yang dapat mempercepat kerusakan minyak.

3. Jangan Gunakan Minyak Berulang Kali

Menggunakan minyak berulang kali dapat meningkatkan kadar radikal bebas dan zat berbahaya dalam minyak. Sebaiknya, gunakan minyak segar setiap kali memasak untuk menjaga kualitas dan kesehatan makanan.

Memahami Pengaruh Minyak Goreng pada Masakan

1. Rasa

Setiap jenis minyak memiliki rasa yang berbeda dan dapat mempengaruhi cita rasa masakan. Misalnya, minyak zaitun extra virgin memberikan rasa khas yang enak pada salad, sementara minyak kelapa memberikan aroma dan rasa yang unik pada masakan Asia.

2. Tekstur

Minyak goreng juga mempengaruhi tekstur masakan. Minyak dengan titik asap tinggi seperti minyak biji bunga matahari atau minyak kelapa sawit cocok untuk menggoreng dan memberikan hasil yang renyah dan garing.

3. Nutrisi

Minyak goreng yang dipilih juga mempengaruhi nilai gizi masakan. Minyak zaitun dan minyak alpukat, misalnya, menambah kandungan antioksidan dan lemak sehat dalam hidangan.

Memilih minyak goreng yang baik adalah langkah penting untuk memastikan masakan yang lezat dan sehat. Dengan memahami jenis-jenis minyak goreng, manfaat kesehatannya, serta cara memilih dan menyimpan yang benar, Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik untuk keluarga. Ingatlah untuk selalu memperhatikan indikator mengenai minyak goreng bening dan baik, diantaranya seperti kandungan lemak, titik asap, dan proses pengolahan minyak, serta sesuaikan pilihan minyak dengan kebutuhan masakan.

Dengan demikian, Anda dapat menikmati hidangan yang tidak hanya lezat tetapi juga bermanfaat.