Berinvestasi membutuhkan strategi agar bisa memanfaatkan uang dan mendapatkan penghasilan dengan lebih menguntungkan. Sekarang ini produk obligasi menjadi salah satu produk investasi yang banyak dilirik.

Obligasi memiliki berbagai keuntungan yang lebih menggiurkan daripada deposito. Namun kamu harus punya strategi agar mendapatkan portofolio yang baik. Nah, apa saja strategi yang bisa membangun portofolio yang baik tersebut?

Strategi Pasit, Buy and Hold

Strategi ini dilakukan untuk mencari dan mendapatkan nilai obligasi yang maksimal. Pertama yang harus kamu lakukan adalah membeli obligasi yang aman dan terpercaya. Langkah ini pastinya akan lebih mudah untuk memprediksi bagaimana pergerakan arah grafik ke depannya.

Setelah itu, baru kamu bisa menjalankan strategi buy and hold ini. Dimana kamu bisa membeli obligasi dan menahannya hingga jatuh tempo.

Meski terlihat hanya memanfaatkan obligasi yang aman, namun hal ini justru akan membangun portofoliomu dengan sangat baik. Kamu tidak akan khawatir ketika terjadi berbagai kondisi yang menimpa dunia bisnis.

Dengan strategi ini, kamu bisa meminimalisir resiko, transaksi juga hilang, dan kamu bisa mendapatkan keuntungan yang pasti. Jenis obligasi yang bisa kamu dapatkan dari strategi ini salah satunya adalah Obligasi Ritel Indonesia (ORI).

Strategi Indeks, Quasi-Passive

Strategi yang kedua ini bisa membuat kamu mengetahui potensi return dan resiko yang akan diambil dari indeks yang ditargetkan. Strategi ini tidak jauh berbeda dengan strategi yang pertama, hanya saja ada fleksibilitas yang bisa kamu gunakan.

Obligasi ini sangat mudah untuk melihat bagaimana perkembangan pasar. Kamu bisa menunggu kapan harga obligasi naik atau turun. Strategi ini sangat cocok untuk digunakan dalam investasi dengan jumlah besar. Caranya adalah dengan memperbanyak indeks yang ada, namun jangan sampai tidak melihat biaya transaksi yang digunakan.

Strategi Imunisasi, Quasi-Active

Untuk strategi yang ketiga ini kamu bisa mendapatkan portofolio yang ditujukan untuk mendapatkan return dalam jangka waktu tertentu. Strategi ini tidak menghiraukan adanya pengaruh dari luar, seperti suku bunga atau kondisi pasar.

Untuk memprediksi berapa return yang didapatkan, kamu bisa menghitung rata-rata tenor obligasi, sehingga bisa menghitung volatilitas dari obligasi yang diinvestasikan.

Jenis obligasi yang digunakan untuk strategi ini harus aman dan terpercaya, yaitu obligasi pemerintah yang memang memiliki kualitas yang sangat baik. Sehingga akan terjadi kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan yang baik.

Strategi Dedicated and Active

Strategi terakhir agar kamu mendapatkan portofolio yang baik adalah dengan strategi dedicated and active. Dalam strategi ini bertujuan untuk mendapatkan return yang maksimal. Namun, perlu kamu tahu bahwa semakin besar return, maka resiko yang didapatkan juga akan semakin besar.

Dengan resiko yang besar tersebut, kamu harus memulainya dengan menganalisis apa saja resiko yang bakal didapatkan. Seperti adanya suku bunga, valuasi, waktu, spread espoittation, dan berbagai skenario lainnya.

Strategi ini cukup memberikan pertaruhan yang besar di masa yang akan datang. Hanya saja, dengan resiko yang besar tersebut, kamu juga mendapatkan return yang juga mengikuti.

Obligasi ini memang cocok bagi kamu yang sudah sangat berpengalaman untuk melakukan investasi, khususnya yang terbiasa bermain di pasar saham. Karena pastinya membutuhkan berbagai macam analisa yang kuat.

Bagi kamu yang ingin mencoba untuk berinvestasi dalam bentuk obligasi, digibank by DBS menyediakan investasi obligasi yang mudah, murah, dan terpercaya.

Keuntungan Membeli Obligasi di digibank by DBS

Produk obligasi bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui Aplikasi digibank by DBS. Berikut ini ada 4 USP keunggulan produk yang bisa kamu dapatkan:

  • Kamu tidak perlu bingung untuk mendapatkan obligasi. Cukup instal Aplikasi digibank by DBS di smartphone kamu sekarang juga, kamu akan langsung mendapatkan layanan selama 24 jam penuh tanpa harus ke cabang.
  • Obligasi dari digibank by DBS juga mendapatkan kupon rutin setiap bulannya. Jadi kamu akan mendapatkan penghasilan dari imbal hasil secara rutin.
  • Untuk berinvestasi melalui obligasi ini sangatlah mudah dan murah. Kamu hanya cukup memiliki modal Rp 1 juta saja untuk bisa ikut berinvestasi. Pastinya keuntungan kamu akan lebih besar jika menggunakan modal lebih dari Rp 1 juta dengan batas waktu tenor yang bisa kamu tentukan sendiri.
  • Obligasi di digibank by DBS memiliki resiko yang sangat rendah, namun memiliki keuntungan yang lebih tinggi dari deposito. Karena obligasi ini diatur oleh UU dan dijamin oleh negara, dan pastinya setiap jatuh tempo kamu akan mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat.

Itulah 4 strategi berinvestasi obligasi agar mendapatkan portofolio yang kuat. Bersama digibank by DBS kamu bisa berinvestasi dengan lebih mudah dan mendapatkan keuntungan yang berlipat pada masa yang akan datang. Jadi, investasikan modal kamu sekarang juga.