Perkembangan teknologi yang semakin pesat banyak diadopsi dalam perusahaan, dimana mereka menggunakannya untuk mempermudah pekerjaan karyawan, bahkan juga dapat menggantikan beberapa bidang pekerjaan, pastinya juga ikut mengurangi jumlah SDM yang dipekerjakan dalam perusahaan tersebut bukan. Sehingga bukan hal yang mustahil jika kedepannya akan semakin sedikit jumlah SDM yang dipekerjakan dalam perusahaan mulai diganti dengan teknologi. Bahkan untuk kegiatan seperti rekrutmen saja banyak yang memakai online assessment.

Tentunya banyak yang sudah tidak asing dengan kegiatan assessment ini sendiri bukan. Dulunya memang kegiatan tersebut dilakukan oleh SDM secara langsung. Namun belakangan ini jika dilihat banyak yang sudah mulai menggantikan tenaga manusia dengan alat. Apalagi beberapa perusahaan juga menyediakan layanan tersebut. Sehingga nantinya akan lebih mempermudah mereka karena sudah ada sistem yang terintegrasi langsung dengan perusahaan, tinggal melihat hasil jadinya saja.

Pada dasarnya memang ada beberapa alasan yang membuat kegiatan online assessment ini banyak digunakan oleh perusahaan masa kini, diantaranya adalah:

  1. Hemat biaya, dengan menggunakan alat yang satu ini maka nantinya perusahaan dapat lebih menghemat pengeluaran, karena tidak perlu menyewa jasa assessor dari luar yang sudah pasti harganya memang lebih mahal. Sedangkan dengan alat yang satu ini biaya untuk satu proyek pada dasarnya memang lebih terjangkau, bahkan sekali bayar biasanya dapat digunakan untuk beberapa proyek sekaligus.
  2. Hasilnya lebih cepat dan akurat, karena sudah berbasis teknologi, maka tidak dapat dipungkiri jika seandainya hasil yang diterima oleh perusahaan juga bisa lebih cepat, bahkan hasilnya juga lebih rapi karena bukan sekedar dalam bentuk tulisan saja, melainkan juga ada penampilan gambaran, diagram dan sejenisnya, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu juga lebih akurat karena menggunakan alat ukur khusus berbasis teknologi.
  3. Tidak butuh banyak SDM untuk mengerjakan proyek tersebut, cukup satu atau dua orang saja, sehingga jatuhnya Anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya ekstra, cukup fokus pada layanan yang sudah disewa tersebut saja. Tak perlu juga menambah karyawan atau SDM baru untuk kegiatan tersebut. Apalagi biaya yang harus dikeluarkan untuk penambahan tenaga kerja baru juga tidak sedikit.
  4. Perusahaan bisa lebih fokus pada kegiatan lain yang lebih penting, masalah-masalah seperti rekrutmen ataupun penilaian karyawan sudah bisa langsung dipercayakan pada teknologi ini. Sehingga nantinya perusahaan tidak perlu memikirkan terlalu banyak hal lagi, fokus kepada hal lain yang lebih penting untuk menunjang kemajuan perusahaan itu sendiri, pikiran jadi tidak terpecah-pecah.
  5. Meminimalisir resiko human error, sebagai manusia biasa meskipun sudah berpengalaman di bidang ini, namun resiko kesalahan tetap bisa saja terjadi bukan. Namun dengan memilih kegiatan assessment online berbasis alat atau mesin ini maka nantinya hal tersebut dapat lebih diminimalisir. Jadi resiko-resiko seperti diantaranya adalah KKN atau sejenisnya juga dapat diminimalisir.

Online assessment memang menjadi salah satu pilihan terbaik bagi perusahaan di era digital. Namun pastikan memilih perusahaan penyedia yang terpercaya, berpengalaman serta pastinya cocok dari segi harga seperti diantaranya adalah dari Prasmul-ELI, nama yang tentunya sudah tidak begitu asing lagi bagi Anda bukan, mereka dikenal punya banyak program pelatihan juga, kelas seperti short program sampai dengan yang reguler juga ada. banyak perusahaan-perusahaan besar yang sudah pernah menggunakan serta puas dengan pelayanan yang diberikan.